Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Halaman 1, 6, 8, 9, 13, 14, 15, 16

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Halaman 1, 6, 8, 9, 13, 14, 15, 16 -Pembelajaran Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran IPA, B. Indonesia, dan IPS.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 5 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 1-17 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa di semester 2. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif  jawaban.

Subtema 1

Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan


Banyak peristiwa dalam kehidupan. Ada peristiwa pribadi, peristiwa keluarga, peristiwa masyarakat, bahkan ada juga peristiwa yang dialami oleh bangsa dan negara.
Peristiwa dapat dibedakan menjadi dua macam. Pertama, peristiwa yang menyenangkan (peristiwa yang membuat kita senang). Kedua, peristiwa yang tidak menyenangkan (peristiwa yang membuat kita sedih).

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 1

Amati gambar-gambar berikut!
Berikan tanda centang pada peristiwa menyenangkan.
Berikan tanda silang pada peristiwa tidak menyenangkan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 1
Alternatif Jawaban :

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 1 K13

Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 2

Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempahrempah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.
1.    Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempahrempah?
........................................................................................................................
2.    Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsabangsa Eropa?
........................................................................................................................
3.    Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?
........................................................................................................................

Alternatif Jawaban :
1. Karena harga jual rempah-rempah di Eropa pada waktu itu sangat tinggi.
2. Harga rempah-rempah semahal emas. Masyarakat Eropa sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan.
3. Jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki pada tahun 1453 menyebabkan bangsa Eropa mengalami kesulitan medapatkan rempahrempah. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari sendiri daerah penghasil rempah-rempah dengan melakukan penjelajahan-penjelajahan samudra dan penjajahan terhadap negara-negara yang kaya rempah-rempah.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 3
Bersama ayahnya, Beni berkunjung ke kebun cengkih milik Pak Rudi. Kebun cengkih Pak Rudi sangat luas. Pohon cengkihnya pun banyak dan tumbuh subur. Sebagian besar pohon cengkih di kebun itu sudah memasuki masa panen.
Tahukah kamu hubungan antara cengkih dan penjajahan yang dialami oleh bangsa kita?

 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 3 K13

Cengkih memiliki banyak manfaat. Sebagai bumbu masak, cengkih digunakan dalam bentuk bunga utuh atau dalam bentuk bubuk. Cengkih juga dimanfaatkan oleh bangsa China dan Jepang sebagai dupa. Selain itu, minyak cengkih digunakan sebagai aroma terapi dan obat sakit gigi.

Pohon cengkih banyak manfaatnya sehingga menjadikannya bernilai ekonomis tinggi. Oleh karena itulah, cengkih merupakan salah satu bahan rempah-rempah yang menjadi buruan bangsa-bangsa Eropa. Hal itu memicu terjadinya penjajahan di Indonesia.

Bangsa kita mengalami penjajahan cukup lama. Selama masa penjajahan, bangsa kita mengalami penderitaan akibat adanya penindasan.

Pada masa pemerintahan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, datanglah orang-orang Eropa yang mengadakan pelayaran samudra. Kedatangan orangorang Eropa di Nusantara mula-mula disambut baik oleh bangsa Indonesia. Namun, ketika orang-orang Eropa itu berusaha menguasai Nusantara, mereka mendapat reaksi keras berupa perlawanan-perlawanan di berbagai daerah.

Lalu, apa sebenarnya yang melatarbelakangi bangsa-bangsa Eropa tersebut datang ke Indonesia dan akhirnya menjajah bangsa Indonesia? Ayo, kita cari tahu faktor-faktor yang melatar belakangi kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia!

Ayo Membaca

Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 4, 5

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 6

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, isilah kolom-kolom berikut sesuai dengan pertanyaannya!

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 6
Alternatif Jawaban :

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 6 K13

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 7

Ayo Berdiskusi

Diskusikan teks Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat dengan teman sebangkumu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut seperti di bawah ini.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 7
Alternatif Jawaban :
Ulasan Teks
Judul teks : Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Bagian yang paling menarik : Kekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah. Harga rempah-rempah sangat mahal semahal emas (gold). Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak

Informasi penting :
Faktor-faktor pendorong penjelajahan samudra antara lain .
1.    Adanya keinginan mencari kekayaan (gold)
2.    Adanya keinginan menyebarkan agama (gospel)
3.    Adanya keinginan mencari kejayaan (glory)
4.    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat sprti dikembangkannya teknik pembuatan kapal, ditemukannya mesiu, dan ditemukannya kompas.

Pendapat saya tentang teks ini :
Teks tentang Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang jarah bangsa Indonesia.

Saya menyarankan/tidak menyarankan teks ini karena :
Teks tentang Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat berisi informasi yang sangat bermanfaat.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 8

Ayo Mencoba

Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai kedatangan tiap-tiap bangsa Eropa ke Indonesia. Informasi dapat kamu peroleh dari buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet!

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 8
Alternatif Jawaban :

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 8

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 9

Ayo Menulis

Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah Semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory).
Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 9
Alternatif Jawaban :
Gold: Adanya keinginan mencari kekayaan
Gospel: Adanya keinginan menyebarkan agama
Glory: Adanya keinginan mencari kejayaan

Tuliskan pendapatmu mengenai Semboyan 3G tersebut.
Saya tidak setuju dengan semboyan tersebut karena akibat ketiga semboyan tersebut bagi indonesia adalah antara lain:
1.    Indonesia semakin miskin karena kekayaanya diambil oleh bangsa-bangsa eropa
2.    Masuknya agama nasrani menyebabkan sebagian rakyat indonesia juga menganut agama nasrani
3.    Kekuasaan bangsa eropa semakin menjadi-jadi di indonesia,menyebabkan indonesia makin terpuruk, rakyat jadi sengsara,dan bagsa indonesia makin tertindas.

Ayo Berlatih

Buatlah pengandaian berkaitan dengan peristiwa kedatangan bangsabangsa Eropa di Indonesia!

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 10

Alternatif Jawaban :
Seandainya aku menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, aku akan (menolak) kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia. Penjajah (menyengsarakan) kehidupan rakyat Indonesia. Sikap para penjajah awalnya (baik). Namun, pada akhirnya, kelihatan juga sifat aslinya, yaitu (menindas dan kejam).

Cengkih merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak manfaatnya.
Harganya pun cukup tinggi sehingga sampai kini masih banyak masyarakat yang membudidayakannya.

Untuk dapat mengambil manfaat cengkih secara maksimal, setelah dipetik, cengkih kemudian dikeringkan dengan cara dijemur. Selama proses penjemuran, terjadi perubahan warna pada cengkih, dari yang semula kuning dan merah menjadi hitam dan cokelat.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 10 K13
Pada proses pengeringan cengkih, terjadi perubahan benda yang disebabkan kalor (panas). Dari proses tersebut, kita ketahui pengaruh kalor atau energi panas (dalam hal ini sinar matahari) pada benda.

Pernahkah kamu mengamati benda-benda yang ada di sekitarmu? Bendabenda yang ada di sekitarmu memiliki sifat dan wujud yang berbedabeda. Masih ingatkah kamu wujud-wujud benda? Tahukah kamu cara membedakannya? Salah satu cara membedakan wujud benda adalah dengan mengetahui sifat setiap benda itu.

Ayo Membaca

Sifat-Sifat Benda

Benda-benda yang ada di sekitar kita digolongkan menjadi tiga, yaitu benda padat, cair, dan gas. Ketiganya memiliki sifat yang berbeda. Mengapa kamu perlu mengetahui sifat-sifat benda? Salah satu manfaat mengetahui sifatsifat benda ialah kita akan tahu cara memperlakukan benda-benda yang ada di sekitar kita.

Salah satu wujud benda adalah padat. Kamu pasti memiliki banyak benda di sekitarmu yang berwujud padat. Kamu dapat memegangnya, dapat memindahkannya tanpa mengubah bentuk aslinya. Benda padat yang ada di sekitarmu dapat diubah dengan beberapa perlakukan seperti
diberi panas, diberi tekanan tinggi, atau diberi perlakuan fisik seperti menggunting, menekan, melipat, atau menyobek.

Wujud berikutnya adalah cair. Benda-benda cair dapat ditemui dengan mudah di sekitarmu. Air merupakan zat penting dalam kehidupan makhluk hidup yang berwujud cair. Benda cair yang ada di rumahmu biasanya berada dalam sebuah wadah seperi bak kamar mandi, baskom, gelas, atau ketel air. Perhatikanlah bahwa ketika benda cair itu dipindahkan, ia akan berubah mengikuti wadahnya. Jika wadahnya berlubang, benda cair itu akan segera mengalir ke luar dari wadahnya. Jika kamu melihat sungai atau air terjun, air yang ada di dalam badan sungai akan mengalir dari
tepat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Benda cair juga dapat merambat melalui serat-serat halus dari bahan seperti bahan kain. Benda cair mengisi rongga kecil atau pori-pori bahan tersebut.

Wujud benda yang lain adalah gas. Manusia dapat memasukkan dan mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya pada saat bernapas. Manusia menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida. Dengan cara meniup, kamu dapat membuat sebuah balon mengembang. Dengan meniup, kamu juga dapat menggerakkan selembar kertas di tanganmu. Kamu dapat mencium bau napasmu sendiri. Kamu pun dapat mencium bau-bau lainnya yang berupa gas. Dengan memahami sifat gas, manusia menciptakan parfum atau minyak wangi untuk menyebarkan bau dari gas yang dikeluarkan dari wadah parfum tersebut. Namun, apakah kamu dapat melihat wujud gas dengan mata telanjang? Dapatkah kamu mengubah bentuknya?

Ayo Mencoba

Lakukanlah percobaan-percobaan berikut bersama dengan teman sekelompokmu yang terdiri atas 3–4 orang. 

Percobaan 1

Alat dan Bahan
• dua buah pensil
• penghapus pensil
• peraut pensil
• buku catatan
Langkah Kegiatan
1. Ambillah pensil yang masih utuh. Perhatikan bentuknya dan gambarlah.
2. Dengan menggunakan penyerut pensil, rautlah bagian ujung pensil hingga dapat digunakan untuk menulis. Perhatikanlah, gambarlah dan bandingkan gambar ini dengan gambar pensil yang utuh sebelumnya.
3. Ambil penghapus pensil, amati bentuknya dan gambarlah.
4. Gosokkan penghapus tersebut ke permukaan meja yang rata dan halus selama beberapa saat. Amati bentuknya, terutama pada bagian yang digosokkan. Gambarlah dan bandingkan dengan gambar sebelumnya.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 13

Diskusikan
1. Apakah ujung pensil berubah bentuk setelah diraut?
......................................................................................................................
2. Apakah ujung karet penghapus pensil berubah bentuk setelah digosokkan?
......................................................................................................................
3. Apakah kesimpulanmu?
......................................................................................................................

Alternatif Jawaban :
1. Ya, pensil diraut maka bentuk ujungnya berubah
2. Ya, ujung karet penghapus, setelah dipakai berubah.
3. Bentuk benda padat dapat diubah jika mendapat perlakuan tertentu, misalnya ditumbuk, dipotong atau digosok.

Percobaan 2

Alat dan Bahan
• gelas yang diisi air 3/4 tinggi gelas
• wadah lain yang transparan
• nampan atau papan kayu
Langkah Kegiatan
1. Letakkan gelas yang berisi air pada permukaan yang rata. Amati dan gambarlah.
2. Letakkan gelas tersebut di atas nampan atau papan kayu. Perlahan, miringkan nampan atau papan kayu tersebut dan jagalah jangan sampai isi gelas tumpah. Perhatikan dengan saksama, lalu gambarlah.
Bandingkan dengan gambar sebelumnya.
3. Pindahkan air di dalam gelas ke dalam wadah yang lain. Perhatikan apa yang terjadi. Gambarlah.
4. Tuangkan air tersebut ke atas tanah. Perhatikan apa yang terjadi. Catatlah.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 14, 15

Diskusikan
1. Bagaimana bentuk permukaan air di gelas saat sebelum dan sesudah dimiringkan?
......................................................................................................................
2. Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?
......................................................................................................................
3. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
......................................................................................................................
4. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?
......................................................................................................................
5. Apakah kesimpulanmu?
............................................................

Alternatif Jawaban :
1. Permukaan air mendatar saat sebelum dan sesudah dimiringkan.
2. Bentuknya mengikuti wadahnya.
3. Air mengalir ke tempat yang lebih rendah.
4. Air akan masuk/meresap ke dalam tanah.
5. Benda cair memiliki sifat : Bentuk benda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya, bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar, benda cair mengalir ke tempat lebih rendah, benda cair menekan ke segala arah, dan benda cair meresap melalui celah-celah kecil.

Percobaan 3

Alat dan Bahan
• gelas plastik
• ember
• air
• buku catatan
Langkah Kegiatan
1. Isilah ember air sampai 3/4-nya.
2. Masukkan gelas ke dalam ember dengan posisi menelungkup. Perhatikan apa yang terjadi.
3. Miringkanlah gelas perlahan-lahan di dalam ember. Amati apa yang keluar dari gelas tersebut.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 16

Diskusikan
1. Apakah yang terjadi pada saat kamu membenamkan gelas tersebut?
Mengapa?
......................................................................................................................
2. Apa yang terjadi pada saat gelas dimiringkan? Mengapa hal itu terjadi?
......................................................................................................................
3. Apakah kesimpulanmu dari percobaan ini?
......................................................................................................................

4. Berdasarkan percobaan di atas, buatlah sebuah laporan percobaan dengan menggunakan poster. Dalam poster, jelaskan perbedaan sifat ketiga wujud benda tersebut. Lengkapi dengan gambar dan keterangan yang diperlukan untuk menjelaskannya. Presentasikanlah postermu di
dalam sebuah kegiatan galeri berjalan dengan percaya diri.

Alternatif Jawaban :

1. Gelas akan terangkat ke atas karena di dalam gelas berisi udara.
2. Ketika gelas dimiringkan akan keluar gelembung udara karena dalam gelas berisi udara.
3. Benda gas memiliki sifat mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya, benda gas menekan ke segala arah, dan benda gas terdapat di segala tempat.
4.   

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 16 sifat benda padat

 
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 16 sifat benda cair

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 16 sifat benda gas

Benda-benda di alam semesta ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu benda padat, benda cair, dan benda gas. Setiap jenis benda mempunyai sifat yang membedakannya dari jenis benda lain. Bahkan sesama benda padat pun mempunyai sifat yang berbeda dari benda padat lain.

Ayo Renungkan

1. Kamu telah memahami konsep dan pengetahuan mengenai latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia. Kemukakan pendapatmu, sesuaikah perilaku dan latar belakang orang-orang Eropa tersebut dengan nilai-nilai budaya kita?
2. Kamu telah memahami konsep dan pengetahuan mengenai perubahan wujud benda. Jelaskan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tua atau anggota keluargamu yang lain, amatilah wujud benda-benda di rumahmu. Identifikasilah, lalu tuliskan benda berwujud padat, benda berwujud cair, dan benda berwujud gas.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 1, 6, 8, 9, 13, 14, 15, 16 - Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terimakasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Halaman 1, 6, 8, 9, 13, 14, 15, 16"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel